Cara Menghemat Listrik itu Gampang, Ini Sederet Tipsnya!

Tak dipungkiri, pemakaian listrik di rumah tangga otomatis bakal meningkat seiring kegiatan di rumah yang kian banyak. Salah satunya sebut saja karena Work from Home alias kerja dari rumah. Karena alasan itu, tak heran jika banyak orang yang tagihan listrik bulanannya jadi bengkak atau pulsa tokennya jadi cepat habis.

Jika kamu mengalaminya, kamu tak sendirian! Banyak orang di luar sana yang juga mengalami nasib serupa. Karenanya, lakukan penghematan sesegera mungkin agar tagihan listrik bulanan jadi terkendali.

Apa saja yang harus dilakukan? Berikut saya jabarkan beberapa cara menghemat listrik, seperti yang dianjurkan oleh Kementerian ESDM:

Cara menghemat listrik yang pertama adalah dengan mengatur target dan jam kerja. Langkah ini akan mendukung penggunaan alat elektronik lebih terjadwal, sehingga punya dampak positif pada produktivitas.

– Hindari menyalakan lampu pada siang hari. Sebaiknya gunakan sinar matahari sebagai sumber penerangan di dalam rumah.

READ  Wajib Banget Dicoba, ini Sejumlah Usaha Kecil-kecilan untuk Remaja!

Cara menghemat listrik berikutnya adalah dengan memanfaatkan sirkulasi udara alami, sehingga tak perlu menyalakan AC.

– Pakai perangkat hemat energi yang ramah lingkungan.

– Gunakan perangkat cerdas yang bisa dikontrol melalui gadget.

– Hindari pemakaian alat elektronik yang stand by mode.

– Jika harus menggunakan AC, bijaklah dalam pemakaiannya: Pilih AC yang hemat energi, pakai yang berteknologi inverter, matikan AC jika ruangan tak digunakan, pastikan pintu, jendela, dan ventilasi tertutup rapat, atur suhu pada 24-26 derajat C, pakai fitur eco mode, serta lakukan perawatan rutin tiap 3 bulan sekali.

– Atur penggunaan rice cooker dengan menanak nasi secukupnya, pakai rice cooker sesuai kebutuhan, dan matikan rice cooker usai digunakan.

– Hemat dalam memakai lampu: Matikan lampu jika tak dipakai, kurangi pemakaian pada siang hari, pakai lampu hemat energi, maksimalkan titik lampu, dan gunakan reflektor.

READ  Inilah Perbedaan Kartu Debit dan Kredit, Ketahui dengan Jelas!

– Pakai TV dengan bijak: Pilih TV yang hemat energi, matikan TV kalo tak digunakan, dan atur penggunaan TV sesuai kebutuhan.

Cara menghemat listrik yang terakhir adalah dengan memanfaatkan kulkas sebaik mungkin: Isi kulkas secukupnya, jangan terlalu penuh, jangan pula terlalu kosong. Jangan sering buka pintu kulkas dan jangan masukkan makanan atau minuman yang masih panas.

Selain sederet cara tadi, sebenarnya masih banyak cara menghemat listrik yang bisa dilakukan. Di antaranya sebut saja: Bijak dalam memakai mesin cuci, jangan terlalu sering pakai setrika, nyalakan mesin air sesuai kebutuhan, dan sebaiknya gunakan laptop ketimbang PC.

Pandemi belum kelar, lakukan pengelolaan keuangan dengan baik

Dalam situasi pandemi seperti sekarang, kita dituntut untuk cerdas dalam mengatur keuangan. Kita perlu menekan pengeluaran yang tidak perlu sampai wabah ini benar-benar berakhir.

READ  Ayo, Segera Lunasi Utang dengan Strategi Cerdas Bernama Debt Snowball!

Penting bagi kita semua untuk berani mengambil tindakan guna menstabilkan kondisi finansial. Beberapa cara yang bisa diterapkan: Hindari beli makanan berlebihan, kurangi aktivitas belanja online, hindari pakai kartu kredit, serta cari pekerjaan sampingan atau jual barang yang tidak terpakai untuk menambah penghasilan.

Oh ya, poin lain yang nggak kalah penting: Sisihkanlah dana darurat untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan di kemudian hari. Jumlah dana darurat ini bisa kamu sesuaikan dengan tingkat kenyamanan kamu masing-masing.

Ya, itulah cara tepat untuk menghemat pemakaian listrik beserta langkah cerdas untuk mengelola finansial di masa pandemi seperti saat ini! Lakukan dengan konsisten agar keuangan kamu tetap sehat dan terjaga!

You May Also Like

About the Author: Admin

The more you learn the more you earn.