Cek Nih, Daftar Negara Terkaya di Dunia! Indonesia Urutan Berapa, ya?

Wabah corona bikin perekonomian di banyak negara mengalami guncangan yang cukup parah. Meski begitu, tetap aja masih ada negara yang hidupnya sejahtera, bahkan ada yang mendapat predikat sebagai negara terkaya di dunia.

Kok bisa, ya?

Sekedar informasi, suatu negara bisa dibilang kaya bila ditilik dari beberapa indikator. Sebut saja dari besarnya pendapatan per kapita warga negaranya hingga Pendapatan Domestik Bruto.

Lalu, negara apa aja sih yang masuk dalam daftar negara terkaya di dunia tahun 2020? Berikut ulasan lengkapnya!

Qatar

Di peringkat satu ada Qatar. PDB atas dasar partitas daya beli (PPP) negara itu diketahui mencapai 132.886 dolar AS. Sumber kekayaan mereka terdiri dari cadangan minyak dan gas, serta petrokimia yang sangat besar. Faktanya, Qatar selalu masuk dalam daftar negara terkaya di dunia selama 20 tahun terakhir.

READ  Rincian Biaya Pernikahan Tahun 2020, Simak Baik-baik!

Luksemburg

Negara dengan penduduk sekitar 600 ribu orang ini menjadi negara terkaya di dunia yang kedua. Luksemburg memakai sebagian besar kekayaannya untuk bikin perumahan, kesehatan, dan pendidikan yang baik bagi masyarakatnya. Sejauh ini, Luksemburg diklaim punya standar hidup yang paling tinggi di kawasan Eropa.

Singapura

Negara yang merupakan surga fiskal dan dividen bebas pajak bagi perusahaan kelas dunia ini ada di urutan ketiga. Saat ini, Singapura jadi pusat perdagangan, manufaktur, dan keuangan yang berkembang pesat di zona Asia.

Brunei Darussalam

Dengan luas negara  5.765 km², Brunei juga masuk dalam daftar negara terkaya versi Global Finance. Kekayaan negara itu diketahui berasal dari cadangan minyak dan gas dengan jumlah sekitar 28 miliar dolar AS. Kekayaan itu diklaim 50 kali lebih besar dari kekayaan Ratu Elizabeth.

READ  Cara Dapatkan Uang dari Internet, Benar-Benar Gampang!

Irlandia

Irlandia jadi salah satu negara dengan pertumbuhan yang tercepat. Diketahui, PDB-PPP mereka sebesar  83.399 dolar AS. Pada 2019 lalu, ekonomi Irlandia meningkat lebih dari 5,5 persen, di saat kawasan Eropa hanya tumbuh 1,2 persen.

Norwegia

Negara ini punya kekayaan dari sektor perminyakan. Selama pandemi, perekonomian Norwegia bergantung pada ekspor dan kebijakan ekonomi pemangkasan suku bunga.

Uni Emirat Arab

Di zaman dulu, perekonomian Uni Emirat Arab hanya bergantung pada sektor pertanian, perikanan, dan perdagangan. Sampai akhirnya negara tersebut menemukan cadangan minyak pada tahun 1950-an. Segalanya pun jadi berubah. Sektor lain yang jadi industri utama Uni Emirat Arab adalah konstruksi dan pariwisata. Dengan kekayaan yang melimpah ruah, tak heran jika Uni Emirat Arab masuk dalam jajaran negara terkaya di dunia.

READ  Wajib Coba, Cara Investasi Emas ini Sangat Mudah dan Menguntungkan!

Kuwait

Negara terkaya di dunia berikutnya adalah Kuwait. Negara ini punya lebih dari 6 persen total cadangan minyak dunia. Industri minyak di sana menyumbang sekitar 40 persen dari total PDB negara. Dengan jumlah masyarakat sekitar 4,1 juta orang, Kuwait jadi salah satu negara yang paling maju dan demokratis di kawasan Timur Tengah.

Swiss

Di peringkat ke-9 ada Swiss. Perekonomian di negara tersebut meningkat dari layanan perbankan, asuransi, dan pariwisata. Tak hanya itu, ekspor produk farmasi, permata, logam mulia, dan mesin presisi juga jadi andalan di negeri cinta damai tersebut.

Nah, di manakah posisi Indonesia? Apakah masuk dalam daftar Global Finance tersebut?

Berdasarkan data, negara kita tercinta ini masuk dalam 100 besar negara terkaya di dunia dan berada di peringkat 98. PDB-PPP kita diketahui sebesar 13.998 dolar AS.

You May Also Like

About the Author: Admin

The more you learn the more you earn.