Tips Memilih Investasi Paling Aman, Simak Baik-baik!

Berinvestasi adalah salah satu cara paling ampuh untuk meraih kebebasan finansial. Perlu kamu tahu, melakukan investasi akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar ketimbang hanya menabung di bank. Nah, jika kamu punya rencana untuk berinvestasi dalam waktu dekat ini, segera realisasikan hal tersebut agar kebebasan finansial bisa kamu capai dalam waktu yang lebih cepat.

Oh ya, sebelum kamu berinvestasi, ada baiknya ketahui dulu tentang investasi paling aman guna mencegah kerugian di kemudian hari. Kenapa harus begitu? Sebab semua investasi punya resiko yang beraneka ragam, mulai dari gagal bayar, resiko suku bunga, likuiditas, inflasi, dan lain sebagainya.

Sebagai calon investor, penting bagi kamu untuk mempelajari dengan baik jenis-jenis investasi yang ada saat ini. Analisalah jenis-jenis investasi tersebut untuk meminimalisir resiko.

Berikut saya beberkan jenis-jenis investasi di Indonesia, beserta tips investasi paling aman yang bisa dijadikan panduan:

READ  Cara Mengatur Keuangan ala Tionghoa ini Bikin Kamu jadi Sukses, Segera Tiru!

Contents

Investasi saham

Investasi jenis ini memerlukan keahlian dan analisa yang baik dalam menjalankannya. Maklum, itu karena saham jadi salah satu investasi yang beresiko tinggi. Bunga yang diberikan saham sifatnya fluktuatif. Adapun kelemahan saham adalah tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan alias LPS.

Deposito

Resiko deposito bisa dibilang tergolong kecil. Deposito dijamin oleh LPS hingga Rp 2 miliar. Kendati begitu, bunga deposito terbilang rendah, kisarannya adalah 4-5% per tahun. Ada juga biaya admin dan potongan pajak yang nilainya sebesar 20%.

Reksadana

Reksadana punya keunggulan yang tak main-main. Bunganya bisa mencapai 20%, diversifikasi resiko karena uang disebar ke sejumlah instrumen, dikelola oleh manajer investasi, minimum investasi rendah, serta pengambilan dana yang fleksibel. Sementara kelemahannya adalah terdapat biaya investasi, imbal hasil fluktuatif, tak ada kontrol dalam keputusan investasi, dan yang terakhir adalah adanya potensi wanprestasi dari manajer investasi.

READ  Rincian Biaya Pernikahan Tahun 2020, Simak Baik-baik!

Investasi emas

Emas punya keunggulan tahan terhadap inflasi, harga cenderung naik setiap tahun, mudah dicairkan, dan bebas pajak. Adapun kelemahannya adalah resiko hilang cukup tinggi, terlebih jika bentuknya adalah perhiasan yang digunakan sehari-hari. Emas tidak cocok untuk investasi jangka pendek.

Investasi properti

Resiko investasi properti terbilang rendah, tapi keuntungan yang ditawarkan sangat tinggi. Investasi jenis ini kerap diminati oleh mereka yang punya modal besar, karena bisa dilihat secara fisik dan bisa dijadikan agunan. Kelemahannya antara lain, ada biaya perawatan dan transaksi yang tergolong besar dan rawan sekali terhadap bencana alam.

Nah, dari penjelasan diatas, manakah investasi paling aman? Kalo menurut saya, jawabannya ada di tangan kamu masing-masing! Intinya, faktor keamanan jadi hal yang relatif, tergantung seberapa besar tingkat toleransi kamu terhadap resiko yang ada.

READ  Cara Meningkatkan Penghasilan itu Mudah, ini Jurus Jitunya!

Singkat kata, tidak ada investasi paling aman 100%. Selalu ada resiko yang membayangi investasi. Sebagai investor, kamu hanya perlu menyesuaikan tingkat toleransi terhadap resiko yang ada. Jadi, pilihlah instrumen investasi yang resikonya paling dekat dengan tingkat toleransimu!

Melakukan pendanaan sebagai alternatif investasi

Di zaman modern seperti sekarang, investasi bukan satu-satunya acara untuk menambah penghasilan. Dalam hal ini, kamu juga bisa melakukan pendanaan di platform P2P Lending yang notabene lebih inovatif.

Kamu bisa pilih platform Danain yang merupakan P2P Lending beragunan emas. Tak perlu modal besar, sebab pendanaan di Danain sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah.

Ya, itulah jenis-jenis investasi di Indonesia, berikut tips memilih investasi paling aman. Segera lakukan investasi atau pendanaan guna meraih kebebasan finansial!

You May Also Like

About the Author: Admin

The more you learn the more you earn.