Rincian Biaya Pernikahan Tahun 2020, Simak Baik-baik!

Orang menikah

Berapa sih biaya pernikahan yang ideal?

Pernikahan sering dianggap sebagai momen sakral yang menandai fase baru dalam sebuah kehidupan. Makanya, banyak orang yang merencanakannya dengan sangat baik dan berharap agar acara tersebut bisa berlangsung dengan maksimal.

Yang jadi pertanyaan, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melangsungkan acara pernikahan yang ideal?

Perlu kamu tahu, sebenarnya nggak ada aturan baku tentang biaya pernikahan. Intinya sih, tergantung seberapa besar acara akan dihelat dan berapa banyak tamu yang bakal diundang. Semakin besar acara pernikahan, maka biaya yang digelontorkan pun akan semakin banyak.

Tapi, berhubung pandemi covid-19 saat ini masih berlangsung, acara pernikahan tentu akan kena imbasnya. Berdasarkan info terkini, pemerintah kabarnya sudah memberi izin resepsi pernikahan digelar di hotel atau gedung. Namun dengan catatan, kapasitas maksimalnya adalah 25% dan wajib menerapkan protokol kesehatan.

READ  Tambah Penghasilan saat Upah Minimum 2021 Tidak Naik, ini Caranya!

Nah, balik ke pertanyaan awal: Berapa biaya pernikahan yang harus dikucurkan untuk melangsungkan pernikahan di era pandemi ini? Langsung saja, berikut rincian dan estimasinya, seperti saya kutip dari sejumlah sumber. Cek sampai tuntas, ya!

Seserahan

Seserahan adalah salah satu tradisi yang dinilai sebagian orang wajib ada dalam sebuah acara pernikahan. Biasanya, seserahan berisi perlengkapan ibadah, sepatu, baju, jam, atau makanan. Untuk biayanya, tergantung pada jumlah yang mau kamu berikan. Estimasi untuk versi yang sederhana berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 5 juta.

Cincin

Harga cincin kawin berbahan dasar emas putih dan emas kuning sangat bervariasi. Dalam hal ini, siapkanlah dana sekitar Rp 4 juta hingga Rp 6 juta.

Biaya Kantor Urusan Agama

Menikah di Kantor Urusan Agama (KUA) pada hari kerja (Senin-Jumat) sejatinya nggak kena biaya alias gratis. Tapi, jika di luar itu, bakal dikenakan biaya sebesar Rp 600 ribu.

READ  Cek Baik-baik, Inilah Orang Terkaya di Dunia yang Saling Berebut Posisi!

Gedung

Biaya pernikahan yang selanjutnya adalah untuk sewa gedung. Nah, karena masih dalam masa pandemi, ada baiknya untuk pilih gedung yang ukurannya tak terlalu besar. Kenapa begitu? Sebab tamu yang datang juga bakal dibatasi!

Soal biaya, lagi-lagi nominalnya sangat bervariasi. Estimasinya mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 30 juta, tergantung lokasi gedung.

Catering

Biaya catering nggak main-main, apalagi kalo yang disajikan makanan bercitarasa tinggi. Buat gambaran saja: biaya catering dengan paket murah berkisar di harga Rp 60 ribu tiap porsinya. Jika total undanganmu 200 orang, maka biayanya sebagai berikut: Rp 60 ribu x 200 = Rp 12 juta.

Dekorasi

Perlu dekorasi untuk memperindah venue acara. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk pos ini adalah mulai dari Rp 10 juta.

Rias dan baju pengantin

Karena dipakai hanya sekali, tak ada salahnya untuk menyewa baju pengantin. Biasanya, vendor membandrol harga untuk jasa rias dan sewa baju pengantin mulai dari angka Rp 8 juta.

Undangan dan souvenir

Cetak undangan dan souvenir jadi biaya pernikahan yang harus dikeluarkan berikutnya. Di sini, kamu harus pintar-pintar memilih vendor yang bisa memberikan harga terbaik. Misal: jumlah undanganmu 200 orang, maka biaya untuk cetak undangan adalah Rp 3 ribu x 200 = Rp 600 ribu. Adapun buat souvenir, Rp 5 ribu x 200 = Rp 1 juta.

READ  Sederet Manfaat Hebat jika Kamu Rutin Mencatat Cash Flow!

Dokumentasi

Acara pernikahan perlu didokumentasikan, agar bisa dikenang. Di masa pandemi, paket foto dan video versi murah untuk acara pernikahan ada di kisaran Rp 5 juta.

Biaya lain

Biaya pernikahan lainnya meliputi hiburan musik sebesar Rp 3 juta dan perlengkapan protokol kesehatan, seperti alat cek suhu tubuh sebesar Rp 300 ribu dan hand sanitizer sebesar Rp 50 ribu/botol.

Secara keseluruhan, biaya pernikahan di masa pandemi bisa dibilang lebih hemat ketimbang di masa normal. Hal ini tentu jadi kabar baik bagi pasangan yang punya budget terbatas. Di sisi lain, jumlah undangan dan beberapa item di atas masih bisa kamu tekan untuk meminimalisir biaya.

Gimana, siap menikah di tahun 2020?

You May Also Like

About the Author: Admin

The more you learn the more you earn.