Sederet Manfaat Hebat jika Kamu Rutin Mencatat Cash Flow!

Berapa jumlah uang yang sudah kamu habiskan pada periode bulan lalu? Buat apa saja uang tersebut? Kalo kamu tak bisa menjawabnya, itu berarti ada yang tidak benar dengan pengelolaan keuanganmu. Cepat perbaiki agar tidak berlarut-larut dan jadi malapetaka bagi kondisi finansial! Cara ampuh yang bisa kamu lakukan adalah dengan rajin mencatat cash flow.

Perlu kamu tahu, kebiasaan mencatat cash flow sering dianggap tidak penting oleh sebagian orang. Ada yang karena malas dan menganggap ribet, bingung, bahkan ada yang merasa tidak punya waktu untuk mencatatnya.

Jika kamu termasuk salah satunya, segera ubah perilaku tersebut. Kenapa? Sebab aktivitas itu punya sejumlah manfaat hebat bagi kehidupan finansial kamu.

Berikut sederet manfaat mencatat cash flow yang perlu kamu tahu:

Contents

READ  Masa Depan P2P Lending di Indonesia Seperti Apa Sih?

Cegah kebocoran finansial

Melakukan pencatatan cash flow secara rutin bisa membantu kamu dalam memonitor pemasukan dan pengeluaran tiap bulan. Dengan begitu, kamu bisa tahu pengeluaran yang sejatinya tidak terlalu penting, sehingga bisa dipangkas di periode bulan berikutnya. Hasil akhirnya, kebocoran keuangan bisa dicegah.

Buat kamu jadi disiplin dalam memakai uang

Kamu akan lebih disiplin dalam memakai uang jika rutin melakukan pencatatan cash flow. Kalo memang nggak penting-penting banget, kamu tak akan menggunakan uang yang dimiliki dengan serampangan. Sikap ini bisa bikin uang simpanan kamu jadi lebih banyak, sehingga bisa dipakai untuk investasi atau ditabung.

Menghargai uang

Melakukan pencatatan cash flow secara rutin akan membuat kamu jadi lebih mawas diri saat menggelontorkan uang. Efeknya, kamu akan lebih bijak dalam membedakan kebutuhan dan keinginan.

Kamu pun akan lebih menghargai uang dan selalu berpikir dua kali tiap kali akan membeli sesuatu. Bukan karena pelit, tapi karena kamu sadar akan sulitnya mencari uang.

READ  Agar Uangmu jadi Lebih Banyak, Ikuti Cara Menabung yang Benar Berikut ini!

Kalo sudah begini, kamu akan terhindar dari pola hidup hedonisme. Sebab, kamu akan selalu merasa bersalah saat saldo di rekening terus berkurang karena hal-hal yang tidak penting.

Mempermudah jalankan rencana keuangan

Memahami arus kas akan membuat kamu jadi lebih mudah dalam mencapai tujuan keuangan. Dengan memahami cash flow, kamu akan mampu memilah kebutuhan apa saja yang harus diutamakan. Hasilnya, rencana finansial jangka panjang tidak akan terganggu.

Bikin percaya diri dalam mencapai tujuan

Semua orang punya tujuan yang ingin dicapai di kemudian hari. Tujuannya pun beraneka ragam, ada yang mau liburan ke luar negeri, ibadah ke Tanah Suci, atau persiapkan biaya pendidikan anak yang kian mahal. Perlu kamu tahu, mencatat cash flow akan membuatmu jadi lebih percaya diri dalam mencapai tujuan.

READ  Wajib Coba, Cara Investasi Emas ini Sangat Mudah dan Menguntungkan!

Mencegah stres karena masalah uang

Kamu akan lebih siap menghadapi kebutuhan tak terduga jika tahu dengan detail setiap pos pengeluaran. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari stres yang mungkin akan timbul karena masalah keuangan.

Lebih memahami gaya hidup

Manfaat rutin mencatat cash flow yang terakhir adalah membuat kamu jadi lebih paham dengan gaya hidup pribadi.

Kok bisa?

Ketika mencatatnya, kamu akan memperoleh gambaran tentang gaya hidup secara keseluruhan. Ini berkaitan dengan gengsi dan harga diri, sebab pola pengeluaran sangat beriringan dengan gaya hidup.

Contoh: Jika kamu suka hangout, jangan heran kalo pengeluaran kamu sangat besar. Begitu pun sebaliknya.

Perlu kamu pahami, inti dari semua ini adalah untuk mengubah gaya hidup ke arah yang lebih baik. Dengan gaya hidup yang sederhana, masa depanmu akan lebih cemerlang dan bukan tak mungkin akan meraih kebebasan finansial.

You May Also Like

About the Author: Admin

The more you learn the more you earn.