Inilah Perbedaan Kartu Debit dan Kredit, Ketahui dengan Jelas!

Apasih perbedaan kartu kredit dan kartu debit??

Di zaman modern seperti saat ini, hampir semua transaksi sudah memakai kartu debit dan kartu kredit. Faktor kenyamanan dan keamanan jadi alasan kenapa banyak orang menggunakan kartu tersebut sebagai metode pembayaran. Intinya, dengan memanfaatkan kartu debit dan kartu kredit, masyarakat tak perlu lagi membawa uang tunai saat melakukan transaksi dengan siapapun dan di mana pun.

Pada dasarnya, kartu debit dan kartu kredit sama-sama dibuat untuk memudahkan pengguna saat bertansaksi via automatic teller machine (ATM) atau electronic data capture (EDC). Meski begitu, dari segi kegunaan, kedua kartu tersebut punya perbedaan satu sama lain.

Singkat kata, waktu dipakai di ATM, kartu debit dan kartu kredit sama-sama disebut kartu ATM. Tapi, waktu digunakan di mesin EDC, kedua kartu itu punya fungsi sesuai namanya, yaitu kartu debit dan kartu kredit.

READ  Tips Memilih Investasi Paling Aman, Simak Baik-baik!

Sebenarnya, apa sih perbedaan kartu debit dan kredit? Simak penjelasannya berikut ini!

Berdasarkan penjelasan Bank Indonesia (BI), kartu debit adalah alat pembayaran menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk pembelanjaan, di mana kewajiban pemegang kartu dipenuhi seketika dengan mengurangi secara langsung simpanan pemegang kartu pada bank atau lembaga selain bank yang berwenang untuk menghimpun dana sesuai undang-undang yang berlaku.

Sementara itu, kartu kredit adalah alat pembayaran dengan menggunakan kartu yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk pembelanjaan dan/atau melakukan tarik tunai, di mana kewajiban pembayaran pemegang kartu dipenuhi terlebih dulu oleh penerbit. Dalam hal ini, pemegang kartu punya kewajiban melakukan pembayaran pada waktu yang telah disepakati, baik dengan pelunasan sekaligus atau diangsur.

Perbedaan kartu debit dan kredit berikutnya ada pada prosedur pembuatannya. Di sini, pengguna cukup melakukan konsultasi dengan teller bank untuk mendapatkan informasi lengkap terkait penggunaan kartu debit atau kartu kredit.

READ  Cara Mengatur Keuangan ala Tionghoa ini Bikin Kamu jadi Sukses, Segera Tiru!

Meski begitu, ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat kartu tersebut. Jika mau bikin kartu debit, perhatikan biaya administrasi, apa kelebihannya, serta manfaat apa yang bisa didapat. Sedangkan bila mau bikin kartu kredit, perhatikan kondisi keuangan, tingkat bunga, biaya admin, denda, minimum pembayaran tagihan, serta fitur apa saja yang ditawarkan.

Tak hanya itu, perbedaan kartu debit dan kredit juga bisa dilihat dari kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ulasannya, seperti dilansir Merdeka.com.

Kartu Debit

Kelebihan kartu debit adalah bisa melakukan transaksi tanpa perlu bawa uang tunai. Selain itu, kartu debit juga tidak punya tagihan yang dibebankan, sebab transaksi diambil secara langsung dari rekening penyimpanan bank tertentu.

Kekurangannya antara lain: Bisa disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab jika kartu hilang dan PIN diketahui. Adapula resiko fraud yang disengaja dengan mencuri data nasabah. Itulah  perbedaan kartu debit dan kredit yang pertama.

READ  Ajak Anakmu untuk Belajar Finansial Sejak Dini, ini Manfaatnya!

Kartu kredit

Sama seperti kartu debit, kartu kredit juga memberikan kemudahan saat bertransaksi tanpa perlu bawa uang tunai. Meski begitu, kartu kredit memungkinkan penggunanya untuk berbelanja melebihi saldo tabungan. Di sini, pengguna kartu kredit bisa lebih bijak mengatur keuangan, sebab sudah tahu perihal biaya yang dibebankan pada waktu tertentu.

Sementara itu, kekurangan kartu kredit adalah terdapat tagihan yang dibebankan pada waktu tertentu, sehingga bisa menyebabkan bengkaknya pengeluaran jika transaksi tidak diatur dengan baik. Selain itu, ada juga iuran tahunan dan denda bila tak bayar tagihan tepat waktu.

Itulah perbedaan kartu debit dan kredit yang perlu diketahui. Intinya, cobalah untuk selalu bijak dalam menggunakan kartu apapun yang dipilih. Dengan begitu, keuangan pun bakal tetap aman.

You May Also Like

About the Author: Admin

The more you learn the more you earn.