Siapa Saja Sih Miliarder yang Tidak Lulus Sekolah? Yuk, Cek Daftarnya di Bawah ini!

“Rejeki sudah ada yang ngatur.”

Ya, begitulah kata pepatah lama.

Seperti yang kita tahu, nasib orang itu berbeda satu sama lain. Ada orang yang sukses dengan mengantongi gelar akademis, tapi ada pula orang yang berhasil sukses meski tak pernah mengenyam bangku pendidikan tinggi.

Kita tentu sering mendengar informasi tersebut dari berbagai media, bahkan tak menutup kemungkinan ada di sekitar kita sendiri.

Kalau melihat secara internasional, ada beberapa miliarder yang diketahui tidak pernah lulus dari universitas. Di antaranya sebut saja Mark Zuckerberg dan Bill Gates.

Meski begitu, rupanya ada yang lebih parah dari mereka berdua. Setelah diselidiki, ada sejumlah orang bergelar miliarder yang ternyata tidak pernah lulus dari SMA alias Sekolah Menengah Atas.

Siapa saja mereka? Berikut saya jabarkan sejumlah miliarder yang tidak lulus sekolah, seperti dikutip dari laman Business Insider!

Contents

READ  Wajib Coba, Cara Investasi Emas ini Sangat Mudah dan Menguntungkan!

Zhou Qunfei

Pertama, miliarder yang tidak lulus sekolah adalah Zhou Qunfei. Ia diketahui putus sekolah saat berusia 16 tahun. Ketika itu, ia memutuskan untuk bekerja di sebuah pabrik lensa arloji. Meski begitu, ia tetap mengikuti kursus akuntansi pada malam harinya.

Menurut kabar, Qunfei menabung hampir 20.000 dolar Hong Kong, lalu mendirikan pabrik lensa jam sendiri dan menjalankannya bersama keluarga.

Saat ini, Qunfei menjadi CEO dari Lens Technology, sebuah perusahaan yang memproduksi kaca untuk sejumlah produk, seperti Apple, Samsung, hingga Tesla. Pada tahun 2015 lalu, perusahaan ini melantai di bursa dan sahamnya pada saat itu mencapai 7,2 miliar dolar AS.

Qunfei mengatakan, ia telah mengalami banyak kesulitan dan tantangan sebagai pengusaha. Namun, lanjut dia, kunci suksesnya adalah tekun, terutama pada masa-masa sulit.

Dilaporkan Forbes, total kekayaan Qunfei diketahui berkisar di angka 6 miliar dolar AS.

READ  Biaya Urus STNK Hilang itu Murah, ini Besarannya Menurut Peraturan Pemerintah!

Amancio Ortega

Miliarder yang tidak lulus sekolah berikutnya adalah Amancio Ortega.

Ortega keluar dari sekolah pada usia 14 tahun. Ia kemudian bekerja di sebuah toko lokal. Bertahun-tahun setelahnya, ia mendirikan Zara di negara asalnya, yakni Spanyol.

Sejak saat itu, perusahaannya terus berkembang secara internasional. Hari ini, Ortega jadi orang terkaya kedua di Eropa dengan kekayaan bersih mencapai 70,4 miliar dolar AS.

Francois Pinault

Pria ini adalah pendiri grup ritel mewah bernama Kering. Menurut Forbes, ia berhenti dari sekolah pada usia 11 tahun, lalu bekerja di pabrik kayu ayahnya.

Usut punya usut, alasan Pinault keluar dari sekolah adalah karena ia sering diejek miskin oleh teman-temannya. Meski begitu, ia berhasil membuktikan bahwa ia bisa sukses dan punya kekayaan bersih mencapai 33,2 miliar dolar AS.

Jay-Z

Miliarder yang tidak lulus sekolah berikutnya adalah Jay-z. Kekayaan bersihnya ditaksir mencapai 1 miliar dolar AS. Semua itu berasal dari saham-sahamnya di perusahaan minuman keras, seni, hingga properti.

READ  Mau Tahu Penyebab Orang Susah Kaya? Simak Penjelasan Lengkapnya di Bawah ini!

Menurut kabar, Jay-z pernah mengenyam bangku pendidikan di George Westinghouse Career and Technical Education High School, namun ia tak pernah lulus. Meski begitu, ia secara pribadi kerap mendorong orang-orang untuk serius di dunia pendidikan.

Richard Branson

Terakhir, miliarder yang tidak lulus sekolah adalah Richard Branson.

Diketahui, Branson berhenti sekolah pada usia 16 tahun setelah berjuang dengan disleksia. Tak lama setelah itu, ia mendirikan bisnis pertamanya, yakni majalah siswa, kemudian berlanjut ke perusahaan rekaman. Ia terus mengembangkan bisnisnya hingga berhasil mendirikan label musik Virgin Records.

Saat ini, kerajaan bisnisnya telah memiliki hampir 500 anak perusahaan, termasuk di dalamnya maskapai penerbangan. Menurut kabar, kekayaan bersih Branson ditaksir mencapai 3,9 miliar dolar AS.