Ayo, Segera Lunasi Utang dengan Strategi Cerdas Bernama Debt Snowball!

Sebagian dari kita mungkin masih bingung dengan kalimat Debt Snowball yang tertera pada judul artikel di atas. Pertanyaan lainnya, kenapa juga Debt Snowball bisa jadi sebuah cara untuk melakukan pelunasan utang?

Daripada penasaran, langsung aja yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Menurut Dave Ramsey, Debt Snowball atau bola salju utang merupakan strategi cerdas untuk bisa keluar dari jebakan utang. Dengan strategi tersebut, kamu sebagai pemilik uang juga bisa mendapatkan kendali atas keuangan pribadi secara penuh.

Ramsey menjelaskan, bola salju utang adalah bagian dari rencana dimana kamu fokus pada anggaran dan melihat semua uang yang dimiliki. Dalam hal ini, kamu bisa membuat daftar utang dari yang terkecil hingga yang terbesar, lalu lunasi sesuai urutan.

Ditambahkan Ramsey, ada banyak pendapat mengenai cara membayar utang, mulai dari membayar utang yang bunganya tinggi terlebih dulu dan lain sebagainya. Tapi, yang perlu dipahami, membayar utang adalah terkait psikologi, bukan matematika.

READ  Wajib Banget Dicoba, ini Sejumlah Usaha Kecil-kecilan untuk Remaja!

“Keuangan pribadi adalah 80 persen perilaku dan 20 persen pengetahuan. Lagipula, jika kamu begitu hebat dalam matematika, kamu tentu tak akan memiliki utang, bukan?” ujarnya.

Secara umum, membayar utang dari yang paling kecil sampai yang paling besar adalah pilihan tepat, kecuali ada kondisi darurat yang sangat besar, seperti saat menghadapi penyitaan atau yang lainnya.

Yang jadi pertanyaan, kenapa harus bayar utang dari yang terkecil dulu? Kenapa tidak mulai dari yang paling besar dulu?

Kata Ramsey, itu agar terbangun kepercayaan dan antusiasme, sebab kamu bakal merasa mendapat kepuasan dengan cepat!

Jika dianalogikan mungkin seperti ini: Kalo kamu menjalani diet dan berhasil turunkan berat badan di minggu pertama, kamu mungkin akan melanjutkan diet tersebut dengan konsisten. Begitu pun sebaliknya. Kalo kamu sudah diet berminggu-minggu, namun berat badan malah bertambah, kemungkinan besar kamu akan menghentikan aktivitas tersebut.

READ  Masa Depan P2P Lending di Indonesia Seperti Apa Sih?

Ya, perlu kamu tahu, hal ini juga berlaku pada Debt Snowball.

Saat kamu menerapkan strategi ini dalam beberapa hari dan kamu berhasil melunasi sejumlah utang, maka hal ini akan membuatmu makin semangat untuk melunasi utang berikutnya. Kamu pun mulai percaya bahwa kamu bisa melakukannya.

Nah, setelah kamu bikin daftar utang dari yang terkecil sampai yang terbesar, lakukanlah pembayaran minimum agar pelunasan berjalan lancar. Poin pentingnya, setiap uang yang kamu keluarkan dari anggaran bakal dipakai untuk melunasi utang dari yang terkecil sampai terbesar.

Kalo utang kecil sudah terlunasi, kamu bisa melanjutkan ke utang kecil berikutnya. Begitu seterusnya hingga semua utang bisa kamu lunasi.

READ  Cara Mengambil Uang di ATM dengan Sangat Mudah, Simak Baik-baik!

Fokuslah pada anggaran

Berhasil-tidaknya pelunasan utang dengan cara Debt Snowball sangat tergantung pada penganggaran. Intinya, kamu harus perjelas arus kas sebelum menerapkan langkah ini. Kamu juga harus berkorban, disiplin, dan fokus pada apa yang sudah direncanakan.

Ramsey mengingatkan, jika kamu berpikir bahwa Debt Snowball hanyalah tipuan belaka, maka sampai kapanpun kamu tak akan pernah berhasil melunasi utang. Intinya, kamu perlu bekerja keras untuk bisa lepas dari jeratan utang.

Sebagai informasi, Dave Ramsey merupakan seorang pakar keuangan yang telah menulis 7 buku terlaris. Ia juga punya acara radio yang didengar oleh lebih dari 16 juta orang tiap minggunya.

Bagaimana, tertarik melunasi utang dengan strategi cerdas yang bernama Debt Snowball di atas?

You May Also Like

About the Author: Admin

The more you learn the more you earn.