Tambah Penghasilan saat Upah Minimum 2021 Tidak Naik, ini Caranya!

Pemerintah mengetok palu untuk tidak menaikkan upah minimum pekerja untuk tahun 2021 ini. Keputusan itu tertuang dalam Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/11/HK.04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021di masa pandemi.

Menurut pemerintah, tidak dinaikkannya upah minimum pada tahun ini disebabkan karena kondisi ekonomi Indonesia yang masih dalam masa pemulihan. Naiknya upah dinilai malah akan memberatkan dunia usaha di dalam negeri.

“Dalam rangka memberikan perlindungan dan kelangsungan bekerja bagi pekerja/buruh serta menjaga kelangsungan usaha, perlu dilakukan penyesuaian terhadap penetapan upah minimum pada situasi pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19,” ungkap Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah beberapa waktu lalu.

Seiring dengan keputusan itu, kebutuhan hidup layak atau KHL para pekerja juga menjadi landasan dalam penetapan upah minimum tersebut. Kata dia,“Sebenarnya untuk upah minimum tahun 2021 itu menggunakan KHL sebagaimana ketentuan yang ada di PP 78 Tahun 2015. PP 78 2015 yang bersumber dari Undang-Undang 13/2003. Undang-undang ini didesain, peraturan pemerintah ini didesain dalam kondisi tidak memprediksi terjadi kondisi seperti adanya pandemi ini.”

READ  Agar Uangmu jadi Lebih Banyak, Ikuti Cara Menabung yang Benar Berikut ini!

Pemerintah menyatakan telah melibatkan Dewan Pengupahan Nasional dalam merumuskan keputusan ini. Karena itu, Ida berharap agar para Gubernur menjadikan keputusan ini sebagai referensi untuk menetapkan upah minimum.

Langkah yang diambil oleh pemerintah ini dianggap sudah tepat oleh Ekonom dari Universitas Indonesia Fithra Faisal. Menurutnya, hal ini bisa mempertahankan daya beli masyarakat.

Kalo upah dipaksakan naik, lanjut Fithra, industri bakal jatuh. Lapangan kerja juga bakal makin kecil dan banyak pekerja yang akhirnya terkena PHK. Sehingga, keputusan ini adalah win-win solution.

Respons serikat pekerja

Keputusan menteri tersebut dinilai hanya akan membuat perlawanan para buruh semakin menguat. Pemerintah, dalam hal ini Menteri Ketenagakerjaan, tidak punya sensitivitas terhadap nasib buruh. Ia hanya mementingkan kepentingan para pengusaha saja. Demikian kata Said Iqbal selaku Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

READ  Mau Tau Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan? Simak Langkahnya di Bawah ini!

Sementara itu, Elly Rosita Silaban selaku Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) menganggap bahwa keputusan menteri untuk tidak menaikkan upah minimum keluar pada waktu yang tidak tepat. Menurutnya, edaran itu hanya memperkeruh situasi di tengah adanya pemangkasan hak para pekerja akibat UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Elly menambahkan, padahal tidak semua sektor industri mengalami penurunan akibat pandemi ini. Kata dia, setidaknya masih ada 11 sektor yang sampai saat ini masih beroperasi.

Ada sejumlah sektor yang kolaps, seperti hotel dan transportasi. Tapi masih ada yang beroperasi seperti farmasi, tambang, perkebunan, manufaktur, hingga elektronik. “Perusahaan-perusahaan itu justru dapat keuntungan. Apa mereka juga tidak menaikkan upah pekerjanya? Kan tidak adil,” jelas Elly.

READ  Dua Sosok ini Ciptakan Peer to Peer Lending Paling Aman di Indonesia

Tambah penghasilan meski upah tidak naik

Jika kamu termasuk pekerja yang upahnya tidak naik pada tahun ini, kamu tak perlu bersedih hati. Pasalnya, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan. Kamu bisa berbisnis online, jadi dropshipper, atau jadi pekerja lepas.

Cara lain yang lebih inovatif, kamu juga bisa lakukan pendanaan di Danain yang merupakan P2P Lending beragunan emas. Modalnya tidak perlu besar, karena pendanaan di Danain dimulai dari angka ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Selain aman karena ada jaminan emas, melakukan pendanaan di Danain juga menjanjikan bunga yang menggiurkan, minimal 8% hingga 120% per tahun. Jika kamu malas memilih pendanaan, kamu bisa aktifkan fitur Pendanaan Otomatis yang akan mempermudah proses pendanaan.

You May Also Like

About the Author: Admin

The more you learn the more you earn.