Wajib Banget Dicoba, ini Sejumlah Usaha Kecil-kecilan untuk Remaja!

Kata siapa, remaja itu tugasnya cuma belajar doang? Nggak juga kok!

Di zaman modern seperti saat ini, ada banyak kegiatan (selain belajar) yang bisa dilakoni oleh kaum remaja yang notabene juga bermanfaat bagi dirinya sendiri. Salah satu contohnya sebut saja buka usaha kecil-kecilan dengan modal yang terjangkau. Tak hanya jadi sumber pemasukan, aktivitas itu juga bakal berikan pengalaman yang luar biasa bagi remaja tersebut.

Lalu, apa saja sih jenis usaha yang bisa dijalankan oleh kaum remaja, yang mana tak akan menganggu waktu sekolahnya? Berikut sejumlah usaha kecil-kecilan untuk remaja, sebagaimana saya kutip dari berbagai sumber:

Jual cemilan

Usaha kecil-kecilan untuk remaja yang pertama adalah menjual cemilan. Ada banyak jenis yang bisa dijual, semisal mie lidi, makaroni pedas, dan masih banyak lagi. Selain itu, jika hobi masak, nggak ada salahnya juga untuk menjual beragam jenis gorengan yang umumnya digemari oleh masyarakat. Nah, untuk mencegah kerugian di masa awal jualan, menerapkan sistem pre-order bisa jadi pilihan tepat.

READ  Cara Mengambil Uang di ATM dengan Sangat Mudah, Simak Baik-baik!

Jualan pulsa

Tak bisa dipungkiri, telepon genggam sudah seperti kebutuhan pokok bagi mayarakat di era digital seperti sekarang. Hasilnya, kebutuhan pulsa atau paket internet pun makin meningkat seiring berjalannya waktu. Fenomena ini bisa dimanfaatkan oleh kaum remaja untuk mendatangkan keuntungan. Caranya adalah dengan menjual paket internet atau pulsa dengan metode elektrik.

Jadi dropshipper

Usaha kecil-kecilan untuk remaja berikutnya adalah menjadi dropshipper. Tugasnya cukup mudah, yakni hanya memasarkan produk apapun di media sosial yang dimiliki, setelah sebelumnya sudah bersepakat dengan supplier untuk bekerjasama. Di sini, seorang dropshipper bisa membandrol harga yang lebih tinggi dari yang dibandrol oleh pemilik barang.

Bila ada yang pesan dan melakukan pembayaran, dropshipper tinggal hubungi pemilik barang dan setorkan uang yang disepakati di awal. Setelah itu, supplier bakal mengirim barang ke pembeli atas nama dropshipper. Intinya sih, seperti perantara gitu, ya!

READ  Sederet Manfaat Hebat jika Kamu Rutin Mencatat Cash Flow!

Jual jus buah

Apakah di rumah ada blender yang jarang dipakai? Jika ya, manfaatkan barang tersebut untuk menghasilkan keuntungan yang lumayan, yakni dengan cara berjualan jus buah! Perlu diketahui, usaha ini tergolong laku di pasaran, terlebih banyak orang yang mulai sadar akan kesehatannya di masa pandemi seperti saat ini. Di tahap awal, cobalah untuk jual jus yang banyak diminati oleh masyarakat, seperti mangga, alpukat, atau jeruk.

Menulis di blog

Usaha kecil-kecilan untuk remaja yang selanjutnya adalah menulis di blog. Cara ini juga cocok untuk menambah uang saku. Memang sih, keuntungannya nggak bisa cepat, sebab tulisan di blog baru akan menghasilkan kalo pembacanya sudah banyak. Makin banyak orang yang mengunjungi blog, maka iklan bakal banyak berdatangan. Saat itulah keuntungan bisa dirasakan.

READ  Tips Memilih Investasi Paling Aman, Simak Baik-baik!

Tanaman hias

Usaha tanaman hias juga cocok dilakukan oleh kaum remaja. Alasannya, karena bisa memanfaatkan pekarangan rumah dan cenderung mudah. Cobalah untuk jual tanaman hias yang mudah perawatannya, lalu pasarkan melalui media sosial atau jual ke lingkungan rumah.

Desain grafis

Usaha kecil-kecilan untuk remaja yang terakhir adalah jasa desain grafis. Modal utamanya tentu saja harus bisa mendesain. Dalam hal ini, remaja bisa menyediakan jasa desain untuk ulang tahun, wisuda, atau pernikahan. Di tahap awal, carilah klien dari orang-orang terdekat.

Gimana, tertarik untuk menjalankan salah satu jenis usaha di atas?

You May Also Like

About the Author: Admin

The more you learn the more you earn.