Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Zhang Yiming, Bos TikTok yang Sukses jadi Miliarder!

Siapa yang tak kenal TikTok? Ya, sebagian besar kita tentu tahu dengan aplikasi yang sedang hits tersebut!

Perlu kamu tahu, aplikasi TikTok sejatinya tak cuma melahirkan bintang baru di media sosial, tapi juga menelurkan seorang miliarder yang diakui oleh dunia internasional.

Miliarder yang kami maksud adalah Zhang Yiming, insinyur perangkat lunak yang juga pendiri TikTok. Atas kepiawaiannya menciptkan aplikasi tersebut, pria ini berhasil menorehkan namanya sebagai miliarder muda dari Negeri Tirai Bambu.

Yuk, kenal lebih dekat dekat sosok cerdas satu ini!

Berikut saya beberkan fakta menarik tentang Zhang Yiming yang berhasil terungkap ke permukaan:

Arti nama

Menurut kabar, nama Zhang Yimming berasal dari pepatah China yang artinya “Mengejutkan semua orang dengan usaha pertama.” Sekedar info, ia lahir di Provinsi Fujian pada April 1983 dari orang tua yang bekerja sebagai pegawai negeri.

READ  Inilah Perbedaan Kartu Debit dan Kredit, Ketahui dengan Jelas!

Menikah dengan sang pujaan

Zhang lulus dari Universitas Nankai pada tahun 2005 silam. Di kampus tersebut, ia bertemu dengan sang kekasih, lalu menikah. Kabarnya, pasangan tersebut diketahui belum dikaruniai anak.

Pekerjaan pertama

Zhang awalnya hanya seorang insinyur biasa. Tapi, pada tahun kedua, ia punya tim sebanyak 40-50 orang. Ia sangat menghargai pekerjaan yang diemban, sebab ia banyak belajar tentang keterampilan penjualan yang kemudian digunakan untuk mengembangkan ByteDance. Untuk diketahu, Zhang juga sempat bekerja di Microsoft sebelum akhirnya mendirikan ByteDance.

Produk pertama Zhang dan ByteDance

Awalnya, Zhang mau membuat platform berita yang hasilnya didukung oleh kecerdasan buatan. Ia pun mengungkapkan bahwa ByteDance tak punya jurnalis yang banyak layaknya media lain.

READ  Mau Tahu Cara Buat NPWP Online dengan Mudah? Simak Ulasannya di Bawah ini!

Menurutnya, ByteDance bukan bisnis berita, tapi lebih seperti bisnis pencarian atau platform media sosial. “Kami melakukan pekerjaan yang sangat inovatif. Kami bukan meniru perusahaan Amerika, baik dalam produk maupun teknologi,” ujarnya.

Lahirkan TikTok pada 2016

ByteDance meluncurkan TikTok pada September 2016. Di China sana, TikTok lebih dikenal dengan nama Douyin. Saat ini, TikTok jadi aplikasi iOS non-gaming nomor 1 di Amerika yang sangat populer di kalangan remaja.

Wajibkan pegawai bikin TikTok

Pada tahap awal, Zhang Yimming hanya menonton video TikTok tanpa pernah membuatnya sama sekali. Alasannya, aplikasi ini untuk anak muda. Meski begitu, ia akhirnya mengharuskan semua tim untuk membuat TikTok dengan tujuan mengumpulkan like sebanyak-banyaknya. Jika kalah, mereka harus push-up.

Kai-Fu Lee dari Time Magazine mengatakan, gaya kepemimpinan Zhang ini sangat baik. Ia bersuara lembut namun karismatik, muda namun bijaksana.

Mau TikTok terus tumbuh

Zhang ingin aplikasi TikTok terus tumbuh secara internasional. Ia juga berharap agar ByteDance bisa kayak Google. Menurutnya, ia harus bekerja lebih keras dan perfeksionis. Selain itu, pengusaha China juga harus meningkatkan kemampuannya sendiri saat mereka mendunia.

READ  Rahasia Tambah Income saat Pandemi Covid-19, Benar-benar Ampuh!

Hubungkan kesuksesan dengan etos kerja

Zhang Yimming banyak belajar dari pekerjaan pertamanya. Ia bercerita, pada waktu itu, ia bertanggung jawab atas teknologi. Namun, saat produknya mengalami masalah, ia akan secara aktif berpartisipasi untuk menyelesaikannya.

Banyak orang berkata bahwa seharusnya ia tak perlu melakukannya. Tapi, ia mengatakan bahwa tanggung jawab dan keinginan untuk melakukan hal yang baik akan memberikan pengalaman yang baik pula.

Menyandang gelar miliarder

Mayoritas kekayaan Zhang Yimming berasal dari 24 persen sahamnya di ByteDance. Demikian menurut Forbes. Ia pertama kali dinobatkan sebagai miliarder pada Maret 2018. Saat ini, total kekayaannya ditaksir mencapai 16,2 miliar dolar AS.